Skip to main content

Posts

Showing posts from August, 2012

Post ke-100

Uhuy... yuhuuuu... *menggema*

Blog gueh, oh no! Debu dimana-mana, kaya lagunya Rumor aja, butiran debu. Oke ngaco, abaikan kalimat ini.

Yah yah yah, semenjak aku jauh dari peradaban *halah* dan menjadi sangat susah sekali mengakses dunia maya, boro-boro ngeblog ya, ngetweet sama facebookan aja ga bisa gitu. Membuat aku jadi 'terlena' ga nulis. Ujung-ujungnya jadi semacam males gitu.

Tapi, kebetulan banget ya, karena kemalasan aku buat nulis akhirnya aku jadi bisa semacam ngasih post khusus gitu buat postingan ke-100 di blog aku ini *sambi bersihin debu*

Jadi, blog ini udah nmenin aku dari tanggal 1 Januari 2012, dan sudah selama setengah tahun lebih jadi wadah buat aku menyalurkan hobi nulis aku, curhatan-curhatan 'kode' aku, terus juga opini-opini aku, dan hal-hal yang lagi 'aku banget'.

Kalau aku review-review kebelakang nih ya, dari sembilan puluh sembilan postingan yang aku post itu ada :
1. Cerpen, sebanyak empat belas post. Sembilan cerpen fiksi dan sisan…

#MagicalRamadhan #Day28

Sebenarnya sangat-sangat terlambat buat aku ngepost tugas terakhir proyek magical Ramadhan ini. Tapi mau gimana lagi? Selama lima hari aku merasa teramat sangat jauh dari 'peradaban'. Oke, ga seekstrim itu sih, pokoknya aku ga bisa ngapa-ngapain yang ada hubungannya dengan internet, bahkan sms ato telpon juga ga, selama lima hari itu.

Tapi aku sangat bersyukur. Yah.. kadang kala manusia menjadi terlalu bergantung dengan gadget dan internet, bersosialisasi dengan cara antisosial, twitter, facebook dan sodara-sodaranya. Dan dengan kondisiku yang aku sebut sebagai 'menghilang dari peredaran' selama lima hari memberi aku semacam injury time dari semua hal itu, gadget dan jaringan internet.

Aku jadi lebih banyak berinteraksi dengan manusia sebenarnya di dunia yang sebenarnya juga, bukan lagi keep in touch dengan teman-teman dunia maya. Aku jadi merdeka dari belenggu teknologi, aku jadi bisa membuktikan pada diriku kalau aku bisa tanpa semua itu. Yah, meski aku terhambat di …

#MagicalRamadhan #Day27

Besok aku akan pulang kampung, ke sebuah tempat yang sebenarnya ga jauh-jauh banget dari peradaban. Yah cuman gitu, agaknya aku bakalan lost contact dengan orang-orang karena provider aku sinyalnya masih belum sampai sana.

Ga tahu kenapa, mungkin ini salah satu penyebab aku agak sedikit sedih ketika harus pulang kampung. Ga kaya biasanya yang excited banget, kali ini aku biasa aja, malah cenderung ke arah malas. Sebenarnya lebih ke malas mendengar komentar 'mereka' tentang diriku sih.

Entah kenapa, paling males aja dengar komentar-komentar itu, ya sih aku emang gendutan daripada tahun lalu. Seandainya bilangnya sekali aja pas pertama ketemu, ini ga sih. Bakalan terus disebut lagi, sebut lagi, lagi, lagi, lagi. Sampai aku muak ngedengernya.

Itu salah satu faktor lainnya yang bikin aku males banget pulang kampung tahun ini. Teramat sangat malas!

Tapi... mau ga mau aku mesti menghadapi itu semua, yah, aku mesti pulang kampung. Itu sudah jadi sebuah keharusan dan kewajiban gitu. D…

Puzzle Part IV (The Last)

Entah kenapa aku merasa bersalah, sangat merasa bersalah. Siapa sih manusia di dunia ini yang senang ruang pribadinya di terobos? Luka lamanya di korek-korek? Kecuali artis sih, itu pun karena mereka dibayar. Ga ada satu pun manusia yang senang kayanya, bahkan aku.

Tapi aku dengan bodoh, belagak sok detektif malah melakukan hal tersebut. Hasilnya, ga hanya dengan sukses bikin aku galau, ngerasa insecure dan makin penasaran. Tapi juga pastinya bikin dia ngerasa ga nyaman.

Bodohnya aku ga menyadari itu sampai akhirnya kemarin dia mengatakan kalau membahas yang dulu-dulu itu ga baik. Rasanya aku kaya di tampar, aku mendadak bungkam seketika.

Sebenarnya dia sudah pernah menyiratkan kalo aku ga perlu bertanya-tanya ataupun 'kepo' dengan semua kegilaan 'menyusun puzzle ala-ala detektif' aku ini. Cuma aku waktu itu rada ga ngeh, malahan sempat mikir kalo dia mengatakan itu karena dia belum bisa move on. Alhasil aku malah makin gencar menggali dan mencari lebih banyak lagi kep…

#MagicalRamadhan #Day25 #Day26

Hahaha... terima kasih karena speedy di rumah mendadak ngambek dan ga bisa digunakan sehingga kemaren aku bisa beristirahat setelah seharian ga tidur dengan benar dan malam sebelumnya begadang karena nulis. Terima kasih karena speedy di radio bisa digunakan jadi aku bisa ngepost rapelan tugas day 25 dan day 26 hari ini.

Day 25


Perhatikan dan “tangkap” pertanda apapun yang ada di sekitar kita dan gunakan itu sebagai reminder hal apa yang harus disyukuri hari ini. Ucapkan terima kasih 3x sesudahnya
Kebetulan, seperti yang dicontohkan. Kemaren begitu banyak aku berpapasan dengan mobil ambulan yang melaju dengan sangat kencangnya. Aku bersyukur aku masih berada dalam kondisi sesehat ini, begitupun orang-orang terdekatku. Sehingga aku tdak perlu merasakan menjadi penumpang di dalam kendaraan tersebut.
Kemaren aku juga sibuk memilih mau patungan beli mobil apa dengan dia. Yah.. semoga ini menjadi pertanda suatu hari kami akan benar-benar menggapai mimpi kami untuk urunan membeli sebuah mobil…

#MagicalRamadhan #Day23 #Day24

Kepaksa ngerapel sodara-sodara, huhuuu.. soalnya halaman tugas yang aku bookmark error ga jelas dan bikin aku ketinggalan satu-dua tugas harian. Yosh! Ganbatte!!

Day 23


Pikirkan satu nama yang menurutmu paling menyakiti dirimu (teman, orangtua, kakak adik, bos, pacar, suami/istri/anak) dan sulit kamu maafkan selama ini. Buatlah list 10 hal berisi kebaikan orang tersebut atau 10 hal baik yang kamu ‘pelajari’ dari hubunganmu dengan orang tersebut. Dalam menuliskan list ini, wajib menggunakan kalimat yang positif. Akhiri list tersebut dengan mengucap terima kasih dan ‘kumaafkan  kamu dan diriku sendiri’ sebanyak 3x
1. Dia mengajarkanku untuk menjadi seseorang yang lebih bersyukur 2. Dia membuatku menjadi sesosok orang yang benci mengeluh 3. Dia menyadarkanku, teman sejati bukanlah orang-orang seperti itu 4. Dia mengajarkanku sabar 5. Dia mengajarkanku untuk lebih ikhlas menerima keadaanku 6. Dia membuatku lebih rendah diri dan lebih menyesuaikan antara keadaan dan ucapan 7. Dia membuatku …

About One of My Best :)

Ga ngerti kenapa, kaya memang sudah ditakdirkan sama Tuhan gitu. Dari keisenganku nanya dengan sangat datar "kamu dah punya pacar?" ke sahabatku, sampai akhirnya aku nanya-nanya banyak hal ke dia mengenai bagaimana hubungan yang dia jalani sebagai salah satu bahan pertimbanganku, dan ga lama setelah itu (ya, benar-benar ga lama) aku memasuki detik-detik terakhir masa singleku.

Lama sekali waktu berlalu, kami masing-masing tenggelam dalam kesibukan rutinitas dan kisah kami sendiri, sampai kemudian kebosanan saat liburan membawa kami berjanji untuk bertemu. Dan seperti biasa, setiap pertemuan kami akan selalu berbagi cerita, apa-apa saja yang sudah kami lewatkan dari kehidupan masing-masing. Aku dan dia bergantian menceritakan apa-apa saja yang sudah terjadi, mulai dari hal biasa, hal lucu, hal serius, sampai yang terakhir, percintaan.

Sebenarnya kami sangat jarang membahas mengenai ini. Mungkin aku lumayan sering curhat ke dia mengenai hal ini, tapi dia tidak. Jadi ingat, dul…

#MagicalRamadhan #Day22

Pikirkan 1 kejadian yang menyakitkan dalam hidup dan lebih disebabkan oleh faktor lain di luar kuasa kita. Buatlah list 10 hal baik atau hikmah yang Sudah kita dapat dari kejadian tersebut. Setiap selesai menuliskan 1 hikmah, ucapkan terima kasih atas kasih Allah yang selalu menyertakan kebaikan dalam setiap peristiwa
Terkantuk-kantuk aku berpikir, kira-kira apa hal yang menyakitkan dalam hidupku yang disebabkan oleh hal lain yang aku tidak punya daya untuk mencegahnya? Sepertinya tidak ada hal yang sampai menyakitiku begitu parah, sampai-sampai aku harus berpikir dengan sangat keras 'hal apa?' seperti saat ini. Alhamdulillah.. aku anggap itu sebagai implikasi dari keikhlasan yang aku akui sangat sulit untuk mendapatkannya disaat awal-awal kejadian. Tapi alhamdulillah, saat ini tidak ada satu peristiwa pun yang membekas begitu menyakitkan karena (semoga saja ya Tuhan) aku sudah mengikhlaskannya, dan semoga ketika aku harus mengalami sebuah kejadian yang membuatku terluka dan t…

#MagicalRamadhan #Day21

Sudah hari ke dua puluh satu aja nih, Ramadan semakin berlalu dan orang-orang mulai riuh menyambut hari Raya. Semoga kita masih dipertemukan dengan Ramadhan di tahun-tahun yang akan datang. Amiin..

Tugas hari ini :


List 3 hal yang paling berat yang pernah kamu lalui. Sentuh hatimu dan syukuri keberadaannya. Katakan kita berterima kasih atas suara yang masih ia perdengarkan sehingga kamu bisa/mulai bisa berjalan melalui masa berat tersebut. Katakan maaf pada hatimu sendiri dan berikan maaf juga pada hatimu sendiri
1. Patah hati. Terima kasih hatiku, kamu masih berdegup dengan indah dan menyenangkan hari ini. Meski kebodohanku dan kebodohan orang-orang itu membuatmu merasakan banyak sekali kekecewaan dan sakit hingga kamu sempat ogah-ogahan berdegup. Terima kasih untuk bertahan memberiku kehidupan dan memberikan reaksi degupan bahagia untukku hari ini. Terima kasih untuk semua ketegaran dan kekuatan itu. Maafkan aku, aku berjanji tidak akan membuatmu sampai harus merasakan kepedihan itu …

Terima Kasih

Jika ada orang yang sangat ingin aku ucapkan terima kasih saat ini adalah seorang guru yang baru-baru saja aku kenal di dunia maya melalui sebuah jejaring sosial. Aku sebenarnya sudah cukup lama tahu mengenai dia dari temannya yang aku follow, mereka membuat semacam proyek bersyukur yang diberi nama Magical May 2012 (iya.. yang aku ga sampai selesai ngikutin itu).

Dan Ramadhan ini, mereka membuat lagi proyek serupa, namanya Magical Ramadhan. Aku Alhamdulillah berhasil mengikuti proyek ini dan mengerjakan semua tugas hariannya di hari tugas itu ditugaskan. Ketahuan ya aku nganggurnya? Hahaha..

Suatu hari, ketika aku ingin mengerjakan tugas harian, aku tidak bisa menemukan tugasnya di halaman tumblr yang sudah aku bookmark. Aku bingung, kok ga di update ya halaman tugasnya? Akhirnya aku mencari tugas itu di linimasa @Dear_Connie.

Selama beberapa hari aku melakukan hal seperti itu, sampai kemudian terpikirkan ide lain. Aku pakai search hastag #MagicalRamadhan di twitter. Disinilah awal m…

#MagicalRamadhan #Day19

1. Tulis 10 hal yang paling kamu inginkan dalam hidupmu
1. Kurus, ga tahu kenapa lagi pengen banget kurus 2. Naik hajiin ortu dan diri sendiri 3. Memiliki finansial yang mandiri dan cukup, cukup buat hidup, ngehidupin ortu, ngehidupin ade, ngehidupin anak, ngehidupin orang yang memerlukan, dan cukup buat beli apa yang aku mau 4. Meninggal setelah punya cucu dari semua anakku, dan lebih dulu daripada suamiku 5. Bisa traveling keliling Indonesia dan dunia 6. Bisa membahagiakan semua orang yang berada di sekitar aku 7. Istiqomah aku dan dia terjaga sampai kami benar-benar menjadi pendamping bagi masing-masing yang sah dimata Tuhan dan negara 8. Hidup lurus 9. Bisa menghadapi dan menyelesaikan semua konflik dalam hidup aku 10. Menjadi orang yang berguna bagi Tuhan, Orang tua, Agama, Bangsa dan Negara
2. Bacalah list tersebut satu persatu. Pejamkan mata setelah tiap satu list. Boleh letakkan tangan di bagian hati/jantungmu. Rasakan denyutnya dan ucapkan terima kasih perlahan-lahan. Jika kam…

#MagicalRamadhan #Day18

1. Menuliskan 10 hal/masalah yang paling membutuhkan penyelesaian segera
1. Aku mau keadaan rumah kondusif dan lebih tenang 2. Aku ingin merasa lebih nyaman saat berada di tempat kerja 3. Aku harus bisa menjadi operator yang lebih baik 4. Memperbaiki manajemen waktu 5. Bisa mengatakan hal-hal yang memang seharusnya disampaikan  kepada dia 6. Menyembuhkan sakit gigi 7. Kepingin kurus 8. Nabung sampai cukup buat beli gadget yang itu dan buku itu juga jaket itu 9. Memanajemen emosi dan mood 10. Mengetahui semua hal yang perlu aku ketahui
2. Pilih 3 yang paling dirasa berat dan ingin segera diselesaikan. Ucapkan terima kasih atas masalah tersebut dan ucapkan terima kasih setulusnya bahwa masalah tersebut telah selesai dengan baik atau telah kembali di tangan kita (jika kasus kehilangan)
1. Aku mau setelah ini aku lebih betah berada di rumah karena tidak ada lagi suara-suara yang membuatku stress dan tertekan saat mendengarnya. Terima kasih karena akhirnya ade sudah bisa menjadi anak yang l…

#MagicalRamadhan #Day17

1. Tulis di atas selembar cek atau selembar kertas Jumlah Uang yang ingin kamu miliki di tahun ini. Sambil menulis, ucapkan dalam hati betapa kamu bersyukur pada Allah yang memiliki segala rezeki atas apa yang sudah, sedang dan akan kamu peroleh
2. Tulis lengkap dengan nama dan tanggal hari ini. Ucapkan terima kasih 3x

Ternyata bertambah lima ratus ribu dari jumlah yang aku inginkan bulan Mei lalu, yang ingin aku punya dan bisa aku dapatkan dengan membeli nambah sih, hihi..
Terima kasih, terima kasih, terima kasih. Alhamdulillah
3. Cari 3 orang yang ingin kamu beri sedekah hari ini (dalam jumlah berapapun atau dalam bentuk apapun). Ucapkan terima kasih pada Allah karena kamu diberi kesempatan untuk berbagi rejeki. Doakan ketiga orang tersebut agar mereka juga dilimpahi rejeki yang lebih banyak di masa depan
Aku ingin bersedekah untuk sepupuku, kepada salah seorang temanku, dan kepada keponakanku. Meski belum bisa aku realisasikan hari ini karena terhalang jarak, tapi aku bersyukur karen…

Cerpen : Penggila Kembang Api

Cerita ini hanyalah fiktif belaka, bila terdapat kesamaan nama, tokoh, dan peristiwa itu hanyalah sebuah kebetulan yang memang disengaja.

Di usiaku yang sudah bukan anak-anak ini, masih ada satu hal yang membuatku bertingkah seperti anak-anak. Kembang api, yap, Gemerlapnya membuatku terpaku menatap langit, suara dentuman dan gemercik bunga apinya membuat kepalaku menengadah ke atas, dan jika aku tidak langsung menemukannya, aku akan mencarinya seperti orang gila.

Entah sejak kapan aku sangat menggilai kembang api, bahkan ketika banyak teman seusiaku sudah mulai acuh, malah merasa terganggu dengan kehadirannya. Aku masih saja takjub dengan warna-warni yang dia pancarkan.

Malam ini aku akan begadang lagi, apapun yang terjadi aku akan menjadi penikmat sejati pesta kembang api malam ini! Ya, apapun! Tekadku.

Ini adalah pesta kembang api ke empat yang aku saksikan, setelah pesta kembang api pertamaku bertahun-tahun yang lalu, membuatku selalu menunggu moment ini. Saat-saat dimana langit di…

Puzzle Part III

Banyak sekali helaan napas yang aku buang hari ini. Ini sudah hari ke lima belas tanpamu. Memang jarak rumahku dan rumahmu berapa puluh ratus ribu juta milyar kilometer sih? Tanyaku protes dalam diam.

Aku menahan banyak sekali perasaan, tapi yang sedang dominan saat ini adalah perasaan rindu. Seperti yang  aku tulis tempo hari, rindu yang terlalu itu bikin senewen, dan saat ini aku sedang sangat senewen. Seandainya senewen bisa menghasilkan kue-kue kering lebaran macam kastangel dan saudara-saudaranya. Tapi kesenewenan aku ini malah menghasilkan rasa insecure yang parah.

Aku minta maaf sebelumnya, sekali lagi aku menerobos sedikit ruang privasinya. Perisiwa ini sudah cukup lama terjadi, sudah sebulan yang lalu mungkin, saat aku memiliki kesempatan lagi mengutak-atik galerinya. Dan aku menemukan sebuah photo lantai lapangan yang diedit dengan tulisan, lebih tepatnya sebuah puisi. Sangat indah, dengan kata CINTA yang dicetak besar-besar. Seolah menandakan betapa besarnya rasa cinta yang…

#MagicalRamadhan #Day16

Aku pikir aku melewatkan tugas hari ke lima belas, tapi ternyata pas aku buka tugas harian, emang ga ada. Apakah memang begitu? Kenapa jadi ga ada? Seseorang tolong beri tahu saya kenapa???? *lebay*

Ya sudahlah, mungkin ini salah satu keajaiban yang lain. Ketika aku merasa telah melewatkan banyak hal percuma sia-sia, ternyata aku tidak (terjemahan bahasa Inggris suka-suka).

Syukuri benda-benda yang membantu kita sehari-hari


Putih, adalah sebuah hp Samsung S5570, atau yang lebih terkenal dengan sebutan Samsung Galaxy Mini, atau yang lebih senang aku sebut sebagai Putih. Terima kasih karena sudah hadir dalam hidupku, kamu tahu? Awalnya aku menginginkan sebuah hp Nokia C6, aku sudah menginginkannya selama beberapa bulan samapi akhirnya ada rezeki untuk membelinya, namun di detik-detik terakhir aku memilihmu. Dan sekarang sudah hampir satu tahun kita bersama, sudah banyak cerita aku lalui denganmu. Jujur saja, aku adalah tipe pembosan, tapi kamu tidak pernah membuatku bosan. Ini membuktika…

#MagicalRamadhan #Day14

Syukuri kesehatan setiap anggota tubuh kita. Ucapkan terima kasih untuk setiap bagian tubuh kita dan ucapkan terima kasih untuk bagian yang ingin kita pulihkan atau tingkatkan kesehatannya. Akhiri dengan mengucap terima kasih sebanyak 3x
I will start it from the top..
Rambut, terima kasih untuk menganugrahkanku rambut yang lebat dan subur, pertumbuhan panjangnya pun cepat. Jadi aku yang pembosan ini bisa selalu mengganti model potongan rambut kapanpun aku mulai merasa bosan dengan potongan yang ada. Terima kasih, terima kasih, terima kasih, Alhamdulillah
Kulit kepala, terima kasih karena kulit kepalaku selalu sehat, bebas dari ketombe maupun hama-hama parasit nakal lainnya. Terima kasih, terima kasih, terima kasih. Alhamdulillah
Otak, terima kasih untuk otak yang sehat, normal dan berfungsi dengan baik, aku bisa belajar, mengingat, melakukan beragam aktifitas, mengontrol emosi, berfikir, dan semua hal lainnya dalam hidupku yang memerlukan otak berjalan dengan sangat baik. Terima kasih,…

#MagicalRamadhan #Day13

Visualisasikan/ bayangkan sedetail mungkin 13 harapan atau cita-citamu, seolah-olah sudah dalam genggaman kita. Tuliskan rasa syukurmu atas segala yang “telah” kamu capai disitu. Bayangkan hasil akhirnya saja *tidak perlu membayangkan prosesnya*. Ingat untuk mengucap terima kasih 3x di akhir tiap harapan
Aku masih ingat, dengan sangat jelas, aku pernah dapat tugas serupa di #MagicalMay2012 (iya.. yang belum juga aku selesaikan itu). Kalau ga salah itu tugas hari ke 13, iya! Tanggal 13 Mei 2012, bertepatan dengan hari ulang tahunku aku mendapatkan tugas seperti ini. Dan Alhamdulillah, dua dari sekian list yang aku tulis sudah terwujud, menjadi penyiar dan kenekatanku itu, he is my special man nowSeriously, beneran magic! :D
Semoga keajaiban serupa terjadi lagi dengan list kali ini. Amiin
1. Aku sangat bersyukur, tidak pernah menyangka blog aku akan di bukukan dan sekarang sudah cetakan ketiga. Terima kasih, terima kasih, terima kasih. Alhamdulillah 2. Terima kasih Tuhan, sudah member…

#MagicalRamadhan #Day12

List 5 orang yang kita rasa paling membutuhkan improvement untuk saat ini. Tuliskan apa harapanmu untuk kemajuan situasi atau masalah yang sedang mereka hadapi dan akhiri dengan ucapan terima kasih, Alhamdulillah sebanyak 3x. Saat menulis, bayangkan sedetail-detailnya ketika mereka dalam kondisi yang kamu harapkan
First of all is my brother. Aku bersyukur, akhirnya ade aku sadar kalau sikapnya selama ini sangat salah. Sekarang dia sudah menjadi seorang anak dan ade yang lebih baik, lebih penurut, tidak melawan dengan kedua orang tua, rajin sekolah dan beribadah. Sekarang dia lebih santun dan hormat sama mama dan abah, dan ga pernah lagi mengamuk hanya karena mama atau abah ga bisa mengabulkan keinginannya. Terima kasih, terima kasih, terima kasih. Alhamdulillah
Second is my ex. Aku bersyukur, setelah sekian lama aku menjadi sumber rasa sakitnya, aku menjadi sumber kesedihan dan air matanya. Kini dia bisa terlepas dari diriku dan menemukan cinta sejatinya. Aku turut bahagia melihatnya me…